Selamat datang di blog saya. Di blog ini anda bisa melihat artikel-artikel menarik, beberapa artikel tersebut berisi tentang video-video teknologi, video unik, video lucu.

7 Teknologi canggih yang secara sembunyi-sembunyi dikembangkan oleh Korea Utara



Seperti yang kita ketahui bahwa negara Korea Utara adalah negara yang agak sedikit berbeda dengan negara lain. Negara ini lebih tertutup dengan negara lain di bandingkan dengan negara-negara di dunia. Meskipun negara Korea Utara adalah negara yang lebih tertutup dibandingkan dengan negara yang lain, negara ini melakukan pemberitaan ke negara-negara lain bahwa negara ini mengalami pencapaian yang hebat. Hal tersebut disebabkan negara ini ingin terlihat inferior di mata negara-negara barat. Dalam soal teknologi, tentunya sulit untuk mengembangkan segala sesuatu yang sudah ada di negara tersebut, mengingat negara tersebut tertutup dengan negara lainnya. Tapi Korea Utara selalu membangga-banggakan teknologi canggih miliknya, hal itu sebagai propaganda kepada masyarakatnya. Berikut ini adalah teknologi canggih yang dikembangkan oleh negara Korea Utara.

1. Smartphone Arirang
Meskipun negara Korea Utara tidak memperbolehkan masyarakatnya untuk menggunakan internet dan tidak ada internet di Korea Utara, tapi pada kenyataannya negara Korea Utara berhasil membuat smartphone. Smartphone ini bernama Arirang. Nama Arirang sendiri merupakan nama yang berasal dari lagu daerah masyarakat Korea Utara. Smartphone ini merupakan smartphone percobaan pertama asli dari Korut. Smartphone ini di promosikan langsung oleh presiden Korut Kim Jong-Un. Walaupun demikian, smartphone ini tidak bisa digunakan secara maksimal, mengingat smartphone membutuhkan internet agar dapat bisa menggunakan seluruh fitur dari smartphone tersebut​, sedangkan internet di negara tersebut dilarang. Ada dugaan yang muncul bahwa smartphone Arirang tidak pernah diciptakan oleh Korut. Tetapi smartphone ini dibuat oleh Cina dan dikirimkan ke Korut.

2. OS red star
Ternyata Korea Utara memiliki sistem operasi sendiri. Sistem operasi tersebut tersebut bernama Red star. Red star bukanlah sistem operasi yang di buat dari awal, melainkan Red star merupakan sistem operasi modifikasi dari sistem operasi Linux yang dibuat mirip dengan Mac OX X. Selain itu, di sistem operasi ini memiliki sebuah browser yang bernama Naenara yang berarti negaraku, yang tentu saja browser tersebut berfungsi untuk mengakses internet.

3. Tablet Samjiyon
Tablet buatan Korea Utara yang diberi nama Samjiyon ini, dirilis pada tahun 2012 silam. Tablet ini merupakan tablet Android yang sudah dimodifikasi seperti halnya Arirang. Tablet ini memiliki browser yang hanya bisa digunakan untuk mengakses internet saja. Fitur lainnya yang dimiliki oleh tablet ini adalah, tablet ini dapat mengakses televisi resmi Korea Utara saja. Dalam tablet tersebut terdapat game atau permainan yang bernama angry birds yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Korea Utara. Game perang yang berbahasa Cina pun ada didalam game ini. Didalam aplikasi ini juga terdapat koleksi buku online yang bercerita tentang Kim Il-Sung. Beliau adalah presiden pertama Korea Utara. Terdapat buku lain di dalam tablet ini diantaranya adalah buku tentang etika anak-anak dan juga buku bahasa Korea.

4. Kwangmyonsong-1
Satelit pertama yang diluncurkan oleh Korea Utara adalah satelit Kwangmyonsong-1 pada tahun 1998. Satelit ini memiliki arti bintang yang terang. Media Korea Utara menyebutkan bahwa satelit ini telah sukses diluncurkan dan berhasil menyiarkan hymne patriotik dalam kode Morse yang dikirimkan kembali ke bumi. Namun dari beberapa pihak hal tersebut hanyalah klaim saja. Hal tersebut dikarenakan stasiun pelacak Amerika serikat tidak mendeteksi adanya satelit yang mengorbit di Korea Utara. Lalu muncul dugaan jika ternyata satelit tersebut sebenarnya jatuh ke laut karena tertarik oleh gravitasi.

5. Kwangmyong internet
Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi internet adalah teknologi yang bisa dikatakan cukup canggih. Dengan menggunakan teknologi internet ini, kita bisa memperoleh informasi yang kita inginkan dengan sangat mudah. Bahkan bukan hanya bisa mengakses atau mencari informasi saja, internet juga bisa memiliki kemampuan yang lainnya. Contohnya saja kita dapat membeli atau berbelanja online dengan menggunakan bantuan internet. Namun ternyata internet tersebut tidak bisa diakses oleh semua negara, ada beberapa negara yang tidak bisa memanfaatkan teknologi internet tersebut. Seperti contohnya di negara Korea Utara, teknologi internet tersebut bukan tidak bisa sama sekali, tetapi teknologi tersebut hanya bisa diakses oleh sebagian orang saja, contohnya para pejabat dan juga institusi pemerintahan.

Berbeda dengan masyarakat di dunia. Masyarakat di Korea Utara tidak bisa menikmati internet secara bebas. Mereka hanya bisa menggunakan domain yang berada di bawah kontrol dari Korea Utara. Layanan internet nasional yang berupa sebuah domain tersebut diberi nama Kwangmyong. Internet ini tidak untuk digunakan secara pribadi, internet ini digunakan oleh universitas, perpustakaan dan organisasi pemerintahan. Diperkirakan ada sekitar 5000 website yang dikontrol oleh pemerintah Korea Utara. Sebagian besar yang berisi didalam website tersebut adalah soal propaganda pemerintahan.

6. Manbang streaming service
Manbang Streaming Service mirip dengan Netflix, hanya saja ini adalah versi Korea Utara. Bagi masyarakat Korea Utara yang memiliki uang berlebih bisa menggunakan layanan ini untuk menonton program on-demand. Produk ini dibuat pada tahun 2016 yang lalu. Konten yang dimiliki oleh Manbang ini lebih banyak dibandingkan dengan televisi biasa, dan juga memiliki kelebihan untuk bisa mempelajari bahasa Inggris dan juga bahasa Rusia. Fitur lainnya yang dimiliki oleh Manbang adalah kita bisa mencari kategori video dengan mengetikkannya di kolom search. Dengan demikian maka hal ini mirip dengan fitur dari Netflix.

7. Hwasong-10 missile
Teknologi canggih yang ke 7 adalah teknologi rudal balistik milik Korea Utara adalah teknologi yang pernah menghebohkan di dunia. Rudal balistik tersebut mampu untuk mencapai basis militer AS di samudera Pasifik. Hal tersebut menaikan tensi atau ketegangan antara negara Amerika dengan negara Korea Utara. Walaupun rudal milik Korea Utara ini menimbulkan tensi antara Korea Utara dan Amerika serikat, namun Uni Soviet tetap membantu membuatnya. Pembuatan rudal balistik Korea Utara yang bernama Hwasong-10 Missile ini sudah mendapatkan bantuan dari Uni Soviet sejak tahun 90 an. Pada mulanya rudal ini memiliki banyak kegagalan dalam pembuatannya, namun ternyata tidak ini berhasil juga untuk dibuat. Hal ini membuat pihak Amerika menjadi marah dengan Korea Utara, karena menganggap rudal balistik Korea Utara bisa menjadi ancaman di kemudian hari.

Sebenarnya Korea Utara bisa menjadi negara yang berbahaya, hal tersebut dikarenakan Korea Utara memiliki senjata nuklir yang bisa digunakan sebagai senjata pemusnah massal. Hal tersebut bisa saja disalah gunakan oleh Korea Utara untuk hal yang negatif. Oleh karena itu negara Amerika serikat mengancam negara Korea Utara tersebut untuk menghentikan usahanya mengembangkan teknologi nuklir dan rudal balistik tersebut. Karena jika hal tersebut benar-benar terjadi maka keamanan negara Amerika akan terancam. Jika Korea Utara benar-benar tidak mengindahkan atau mengabaikan ancaman dari Amerika serikat tersebut, maka negara Amerika serikat siap untuk menyatakan perang ke Korea Utara. Tetapi sepertinya hubungan negara Korea Utara dan Amerika serikat sudah mulai membaik​ saat ini.
Labels: artikel, berita teknologi, teknologi canggih

Thanks for reading 7 Teknologi canggih yang secara sembunyi-sembunyi dikembangkan oleh Korea Utara. Please share...!

1 Comment for "7 Teknologi canggih yang secara sembunyi-sembunyi dikembangkan oleh Korea Utara"

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Back To Top