Selamat datang di blog saya. Di blog ini anda bisa melihat artikel-artikel menarik, beberapa artikel tersebut berisi tentang video-video teknologi, video unik, video lucu.

7 Teknologi canggih ini terinspirasi dari alam



Teknologi yang sudah berkembang saat ini adalah teknologi yang bisa dikatakan sebagai teknologi yang luar biasa dan mempermudah kita dalam melakukan aktivitas dan melakukan kegiatan. Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya karena manusia ingin lebih maju, berkembang dan juga manusia yang ingin bisa segalanya. Kehebatan teknologi pada saat ini salah satunya diilhami dari pengamatan mereka di alam. Ada banyak teknologi canggih dan pencapaian mereka yang tidak terlepas dari peranan alam. Teknologi tersebut sangat banyak salah satu contohnya adalah pesawat terbang hingga bangunan ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa teknologi canggih yang terinspirasi dari alam.

1. Kumbang dan teknologi pengambilan air
Kubang atau yang disebut sebagai Gracilipes stenocara merupakan kumbang yang berasal dari gurun terkering dan terpanas yang berada di muka bumi, yaitu berlokasi di gurun Namilo di Afrika. Tentunya hewan ini untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem seperti itu bukanlah hal yang mudah. Kehebatan Kubang ini dalam bertahan hidup dikarenakan kumbang ini dapat mengumpulkan air di sepanjang punggungnya, dari punggung yang penuh dengan air ini akan disalurkan ke mulutnya yang melalui saluran kecil. Kemampuan kumbang yang hebat ini menginspirasi ilmuwan untuk melakukan percobaan untuk replikasi si kemampuan yang dimiliki kumbang tersebut. Salah satu contohnya ilmuwan di Departemen Pertahanan Inggris yang melakukan penelitian pada tahun 2001 untuk menciptakan sebuah tenda dan genteng untuk pengambilan air di daerah yang ekstrem seperti daerah yang kering. Lalu kemudian perusahaan lain yang bernama perusahaan NDB Nano juga terinspirasi dari kumbang​ ini. Mereka memproduksi sebuah botol air yang bisa mengisi dengan sendirinya. Hal ini sangat mirip dengan kemampuan yang dimiliki oleh kumbang ini.

2. Spons laut dan panel surya
Panel surya yang berfungsi untuk merubah energi cahaya matahari (panas matahari) menjadi energi listrik ternyata bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Teknologi panel surya ini memiliki proses pembuatan yang sangat boros energi dan mahal. Dengan mereplikasi spons laut dan menggunakannya ke sel surya, karena akan mendapatkan sel surya yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sel surya yang sekarang. Kemampuan spons laut adalah spons laut yang dapat memanen silikon dari laut dan menggunakannya untuk membangun tubuh mereka. Spons laut ini bisa melakukan hal ini berkat adanya sebuah enzim yang disebut silicatein. Enzim ini dapat merubah asam silikat yang berada di air laut menjadi paku silika.

3. Ikan hiu dan pesawat terbang
Ikan hiu merupakan sebuah predator yang sangat ditakuti di laut. Dengan kecepatan berenang yang sangat cepat hingga 100 km per jam, ini merupakan hewan yang ditakuti. Hiu laut bisa berenang dengan cepat itu dikarenakan hiu menggunakan bentuk tubuh mereka untuk meningkatkan daya angkat dan juga mengurangi hambatan ketika bergerak melalui air. Dentakel kalau kulit ikan hiu bisa mengurangi daya tarik air. Dentakel atau sisik plakoid ini strukturnya mirip dengan gigi mirip manusia. Dengan menerapkannya ke pesawat terbang, permukaan pesawat terbang dapat mengurangi hambatan sehingga menjadikan lebih hemat bahan bakar. Dengan kata lain hal ini sangat bermanfaat untuk pesawat terbang.

4. Kupu-kupu dan layar bebas silau
Teknologi smartphone satunya memiliki layar yang terdiri dari kumpulan pixel. Layar ini jika kita tetap terus menerus akan mengakibatkan kita sakit mata, bahkan hal ini dapat menyebabkan kita menjadi minus. Oleh karena itu dengan banyaknya smartphone yang beredar dan juga banyak pemakaian smartphone saat ini membuat banyak orang yang menggunakan kacamata. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi yang dapat mengurangi dan menghilangkan silau pada mata. Hal yang diperlukan untuk kesehatan mata dan kenyamanan mata. Hal tersebut ternyata bisa dilakukan dengan meniru dari alam, yaitu dari hewan yang bernama kupu-kupu. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Jerman yang berasal dari Institut Teknologi Karlsruhe, sayap kupu-kupu memiliki struktur yang mempunyai bentuk nanoscopik. Hari ini bisa menghilangkan sebagian besar cahaya yang dipantulkan. Dengan demikian jika teknologi ini bisa diterapkan di layar seluler,  maka teknologi ini akan sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Teknologi ini kemungkinan akan dapat diterapkan di masa yang akan datang.

5. Tokek dan lem perekat
Lem merupakan salah satu hal yang terpenting untuk manusia. Bayangkan jika manusia tidak menemukan lem pada saat ini. Tentunya untuk merekatkan suatu benda, atau untuk menempelkan sesuatu kita menjadi tidak bisa melakukannya. Terinspirasi dari tokek, manusia bisa membuat lem super kuat. Seperti yang kita ketahui bahwa tokek dapat berjalan di dinding. Hal ini dikarenakan tokek memiliki satae, yaitu rambut kecil yang berada di kak Linda tokek. Perekat tersebut merupakan Geckskin, dan diciptakan oleh orang dari University of Massachusetts Amherst. Dengan ditemukannya alat perekat super ini, alat ini telah memperoleh banyak penghargaan atas kehebatan daya rekatnya. Semoga saja alat ini dapat dikembangkan lebih jauh lagi sehingga dapat lebih bermanfaat untuk manusia.

6. Paus bungkuk dan bilah turbin
Paus bungkuk adalah seekor hewan yang memiliki bentuk tubuh unik. Paus bungkuk yang memiliki gundukan istimewa di sepanjang siripnya yang disebut tuberkles. Dengan adanya ini, ikan paus tersebut dapat melakukan manuver dengan hambatan yang sangat kecil, atau dengan kata lain hambatan di permukaannya akan berkurang. Melihat dari kemampuan ikan paus yang istimewa ini, paus ini telah menginspirasi para ilmuwan untuk turbin angin yang lebih efisien. Seorang profesor yang bernama Frant Fish dan timnya dari West Chester University mendesain sebuah bilah atau turbin dengan menggunakan tuberkel. Dengan menggunakan desain tersebut maka alat tersebut bisa mengumpulkan angin di tempat dengan kecepatan angin yang cukup rendah.

7. Rayap dan bangunan ramah lingkungan
Rayap adalah binatang yang mudah untuk dijumpai di mana saja. Sarang yang dihasilkan oleh binatang ini sangat menakjubkan. Contohnya saja rayap yang berada di negara Afrika. Sarang rayap yang berupa gundukan-gundukan besar tersebut sangat kuat dan metode pengaturan suhu dan vertilasi miliknya sangat efektif dan menginspirasi. Hal ini sangat menginspirasi rayap tersebut membuat sarang rayap tersebut dengan mengarah ke Utara - Selatan yang berfungsi melindungi bagian dalam dari sarang tersebut dari paparan matahari yang menyengat. Rayap menutup dan membuka vertilasinya tersebut untuk mengatur udara hangat yang muncul pada dasar struktur. Konsep rayap ini sangat menginspirasi, sehingga muncullah bangunan ramah lingkungan Eastgate Center di Harare, dan juga di komplek pembelanjaan dan perkantoran. Diharapkan bangunan ramah lingkungan ini bisa semakin berkembang dan digunakan oleh banyak orang sehingga bangunan ramah lingkungan tersebut dapat dimanfaatkan dan lebih bermanfaat untuk banyak masyarakat.

Labels: artikel, berita teknologi, teknologi canggih

Thanks for reading 7 Teknologi canggih ini terinspirasi dari alam. Please share...!

2 Comment for "7 Teknologi canggih ini terinspirasi dari alam"

Agen Judi Online ERAQQ
Agen Poker Online | Agen Domino99 | Agen Bandar66 | Agen Bandar Poker | Agen BandarQ
WhatsApp: 081396610615

http://www.eramenang.info/
http://www.eramenang.info/ Agen-Poker-Terpercaya/
http://www.eramenang.info/ Agen-Domino99-Terpercaya/
http://www.eramenang.info/ Agen-Bandar-Poker-Terpercaya/
http://www.eramenang.info/ Agen-bandarQ-Terpercaya/
http://www.eramenang.info/ Agen-Bandar66-Terpercaya/
http://www.eramenang.net/
http://www.eramenang.net/ link-alternatif/
http://www.eramenang.net/ Pendaftaran/
http://www.eramenang.net/ Panduan-Daftar/
http://www.eramenang.net/ Panduan-Bermain-Poker-&-domino/
http://www.eramenang.net/ Jadwal-Bank-Online/

"Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
minimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

Wa :+855964967353
Line : arena_01
WeChat : arenadomino
Yahoo! : arenadomino"

Back To Top